Jumat, 23 November 2012

bagaimana Gunakan Google Keyword Tool dan Google Trends

Selain Google webmaster tools dan Google analytics yang menurut aen begitu penting dalam upaya optimasi blog, ada 2 tool  yang tak kalah pentingnya yang disediakan gratis oleh google buat kita para blogger.

Yup sebetulnya google sudah banyak menyediakan perangkat atau alat buat kita webmaster blogger untuk mengoptimasi blog, namun hanya sebagian blogger saja yang tahu. 2 tools di bawah ini adalah 2 tool utama untuk riset keyword atau menganalisis keyword yang paling banyak digunakan.


1. Google Keyword/Adwords Tool


Google Keyword Tool adalah sebuah perangkat google yang tersedia gratis untuk mengetahui kata-kata kunci / keyword apa saja yang banyak digunakan seseorang saat mengakses Google.
Saya sendiri menggunakan tool ini dalam hal SEO on page. Bagaimana cara menggunakan tool ini?

Silakan sobat masuk ke Google adwords

  1. Masukkan kata kunci / frase kata yang diinginkan, disini saya menggunakan frase blog.
  2. KLIK dan Pilih negara yang dituju
  3. Klik lalu Pilih bahasa, jika perlu perangkat pencariannya
  4. masukkan kode captcha
  5. klik search 
Nah dari sini kita bisa melihat ada beberapa keyword / frase kata yang paling banyak ataupun paling sedikit dalam pencarian Google. Sobat bisa melihat sendiri kira-kira mana kata kunci yang paling banyak dibuka, kemudian bisa kita masukkan dalam keyword atau artikel blog kita. Bisa sobat masukkan di alt image, judul artikel maupun meta tag deskripsi. Mudah bukan?


2. Google Trends
Google Trends adalah tools untuk mengetahui topik-topik tertentu yang sedang banyak dicari di Google Search. Tool ini banyak digunakan blogger yang terkadang kehabisan ide untuk membuat artikel. Google Trends cocok buat blog kamu yang niche nya tentang berita terbaru. Dulu namanya Google Insight/ Google wawasan. Tool ini fungsinya juga mirip google adwords tool tadi.


  • Jika sobat menggunakan firefox ada kemungkinan tidak muncul, karena itu sobat bisa memakai browser Google Chrome
  • Kalau mau pilih pencarian apa yang paling banyak di cari, gambar, web, berita atau produk.
  • Pilih Negara yang dituju
  • Pilih waktu, misalnya 7 hari terakhir, 30 hari terakhir, ataupun setahun terakhir
  • Pilih juga Kategori jika blog sobat hanya memuat niche blog tertentu misalnya kesehatan pilih Health, namun jika blog sobat memuat tentang berita terhangat tidak perlu memilih kategori. 

Gambar di bawah ialah trend atau topik terbaru dan terbanyak di cari di Google yang saya capture kemaren (11 Oktober 2012) dengan negara penelusuran Indonesia, masa penelusuran 7 hari terakhir dan katgori berita/News). Kita lihat masalah KPK Polri cukup melonjak selama 7 hari terakhir.
Nah silakan sobat blogger yang mau mencoba tool ini, siapa tau sobat kekurangan ide untuk menulis, dengan google trends maka muncul gagasan apa yang akan dibuat artikel, semoga kunjungan ke blog sobat tambah rame yo

0 komentar:

Posting Komentar